Bupati Canangkan Desa Kanonang Satu Sebagai Kampung Mapalus Tangguh Covid-19 di Minahasa

48
Royke O. Roring, Bupati Minahasa. /ist

Minahasa, MEDGO SULUT – Desa Kanonang Satu Kecamatan Kawangkoan Barat dicanangkan sebagai Kampung Mapalus Tangguh Covid-19 di Minahasa. Pencanangan dilakukan langsung oleh Bupati Minahasa Dr Ir Royke O Roring MSi, Kamis (02/07/2020).

Dalam sambutannya, pada kegiatan yang diawali dengan penyerahan bantuan kepada para Hukum Tua dan perangkat desa se-Kanonang Raya berupa handzanitizer, masker, faceshield, dan Vitamin ini, Bupati mengatakan, hingga saat ini masyarakat Indonesia, termasuk Kabupaten Minahasa telah melewati masa Pandemi Covid-19.

“Namun, puji Tuhan sampai saat ini, kita masih berada dalam keadaan sehat,” kata Bupati ROR.

Sekalipun, tambah Bupati ROR, Kabupaten Minahasa ketambahan pasien positif dengan total 121 orang sampai saat ini, namun Pemerintah tetap berusaha menyampaikan dan mensosialisasikan kepada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan.

“Kuncinya hanya; jaga jarak, pakai masker, cuci tangan, sediakan handsanitizer, sesampai di rumah harus segera membersihkan diri, karena semua tergantung pada diri kita sendiri,” ucapnya.

Dijelaskan, Pemkab Minahasa sedang berusaha bersama-sama Forkopimda untuk menyiapkan 2 set alat yang bisa dipakai untuk test Covid-19. “Agar kita tidak menunggu lama hasil test covid lagi,’ ujar Bupati.

Ia pun bersyukur karena warga yang positif Covid-19 di daerahnya sudah banyak yang sembuh dan diterima oleh masyarakat, keluarga dan Tokoh-tokoh Agama, Pendeta , Pastor, Gembala, Imam /Ustad.

“Ini membuktikan bahwa Minahasa menjadi contoh dalam kerukunan dan kebersamaan masyarakat. Tidak ada yang ditolak. Ini bukti bahwa kita betul-betul menerapkan yang namanya torang samua basudara, torang samua ciptaan Tuhan,” ungkap Bupati ROR.

Pada kesempatan yang sama, Bupati ROR mengatakan bahwa Desa Kanonang Raya dan beberapa desa yang ada, sering mendapat penghargaan.

“Warga Kanonang betul-betul menjadi contoh, Hukum Tua dan perangkat Desa Kanonang Satu bisa menjadi contoh bagi desa-desa yang ada di Kabupaten Minahasa. Pemanfaatan BLT juga dikelola secara maksimal oleh Desa Kanonang Satu,” terangnya.

“Atas nama Bupati, Wakil Bupati dan jajaran kami mengucap syukur, banyak terima kasih, bahkan apresiasi yang tinggi kepada Hukum tua, jajaran dan masyarakat Desa Kanonang Satu atas upaya-upaya, inovasi, dan usaha-usahanya, sehingga hari ini kita akan mencanangkan kampung mantap Covid-19, Kampung Mapalus Tangguh Covid-19 Desa Kanonang Satu Kabupaten Minahasa,” imbuh Bupati ROR.

Mengakhiri sambutan, Bupati ROR mengingatkan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah.

“Dalam persiapan kita akan memasuki New Normal, diharapkan kewaspadaan di
desa-desa harus ditingkatkan,” tutup Bupati ROR.

Adapun pencanangan dan peresmian Kampung Tangguh Mapalus Covid-19 Desa Kanonang Satu oleh Bupati Minahsa, ditandai dengan Pemukulan Tetengkoren bersama Forkopimda Kabupaten Minahasa.

Turut hadir Kapores Minahasa AKBP. Denny Situmorang,SIK. Kejari Minahasa Rahmat Budiman Taufani, SH,MKn, Ketua Pengadilan Negeri Tondano ST. Iko Sudjatmiko, SH,MH,
Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Minahasa Dr. Denny Mangala,MSi. Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa, Kabag Prokopim Maya Marina Kainde SH,MAP.

Selain itu nampak Camat Kawangkoan Barat Meidie Keintjem,S.Pd, MM, Hukum Tua Kanonang Satu Lucky Kasenda,SE dan para Hukum Tua dan Perangkat Desa.

[*/MDG-09]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here