Gubernur Sulut dan Gorontalo, Tinjau Pos Penjagaan Perbatasan Bolmut-Gorut

121
Gubernur Sulawesi utara bersama Gorontalo Meninjau Pos Perbatasan Bolmut - Gorut

Sulut, MEDGO.ID — Untuk memaksimal persiapan, Gubernur Olly Dondokambey bersama Forkopimda Sulawesi Utara (Sulut) meninjau langsung Pos Penyekatan Mudik Idul Fitri 1442 H, di perbatasan Provinsi Sulut dan Gorontalo, Kamis (6/5/2021).

Penjagaan dilakukan di Desa Tuntulow, Kecamatan Pinogaluman, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Provinsi Sulut dan Desa Kota Jin, Kecamatan Atinggola, Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) Provinsi Gorontalo.

LIHAT JUGA  Hujan dan Angin Kencang, Menyebabkan Pohon Tumbang Menimpah Mobil Yang Terparkir

Kedatangan Gubernur bersama rombongan disambut langsung Bupati Depri Pontoh dan Kapolres Bolmut AKBP Wahyu Purwidiarso.

Dalam peninjauan tersebut, hadir pula Gubernur Gorontalo Rusli Habibi bersama Forkopimda Gorontalo.

Gubernur Olly Dondokambey bersama Gubernur Rusli Habibie saat Meninjau Pos Perbatasan
Gubernur Olly Dondokambey bersama Gubernur Rusli Habibie saat Meninjau Pos Perbatasan Bolmong Utara – Gorontalo Utara (Foto Humas Pemprov Sulut)

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka sosialisasi kebijakan pemerintah pusat yang melarang mudik pada tanggal 6 hingga 17 Mei 2021, guna mencegah penyebaran Covid-19 di Indonesia, khususnya mudik antar Sulut dan Gorontalo.

LIHAT JUGA  Cabuli 2 Gadis Belia Sekaligus, Tim Resmob Polres Bitung Ciduk AS Tanpa Perlawanan

Gubernur Olly mengatakan, larangan mudik dilakukan menyusul arahan Presiden Joko Widodo dan instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) agar setiap daerah membuat aturan larangan mudik Lebaran guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Kondisi Terkini Perbatasan Sulut Gorontalo Jelang idhul Fitri
Kondisi Perbatasan di Kecamatan Pinogaluman, Bolmong Utara dan Kecamatan Atinggola, Gorontalo Utara, pada Kamis (06/05/2021) (Foto ZonaUtara.com)

“Hal ini juga dalam rangka menjaga, agar tidak membawa virus ke daerah tujuan mudik, seperti di kampung. Jangan sampai kehadiran kita menyebarkan virus kepada keluarga kita tercinta di daerah tujuan,” tambahnya.

Dalam kesempatannya, Gubernur Olly menyampaikan, hingga saat ini situasi tetap kondusif, berbeda dengan tahun lalu yang terjadi kemacetan sangat panjang. Hal ini berkat koordinasi yang baik antara Provinsi Sulut dengan Gorontalo.

LIHAT JUGA  Saat menjamu JMSI Pusat, Ketua KPK Firli Bahuri Ajak Bersama Pencegahan Korupsi

Terkait larangan mudik, lanjut Gubernur Sulut, sesuai kesepakatan di setiap perbatasan tidak ada mudik, kecuali ada kebijakan antara pemerintah daerah setempat.

“Masyarakat di situ karena sangat berdekatan mereka saling jalan kaki, kita juga lakukan pengetatan jika mereka bepergian,” tandasnya.

Hal senada juga diungkapkan Gubernur Rusli Habibi yang menilai situasi sampai saat ini lancar dan kondusif, karena koordinasi dan kerjasama yang baik antara Pemprov Sulut dengan Gorontalo.

LIHAT JUGA  Pakar AS: Pasien Covid-19 yang Sembuh Miliki Kekebalan Tubuh Setahun

“Kalau dulu PSBB hanya kita sendiri, Sulut tidak, jadi memang macet di mana-mana. Kita berharap kepada masyarakat, karena mudik sudah dilarang, tolong ditaati. Ini demi melindungi masyarakat (dari penyebaran Covid-19),” tukasnya.

Di pos tersebut, Forkopimda mengecek kesiapan personel yang bertugas, termasuk sarana dan prasarana pendukung, serta menyerahkan bantuan paket sembako secara simbolis kepada perwakilan personel yang sedang bertugas, sebagai bentuk kepedulian serta dukungan semangat dari Forkopimda Sulut. (Humas/Dkips/ik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here