Hanafi Rais Mundur dari Pengurus PAN dan Anggota DPR

152
Hanafi Rais. /ist

Jakarta, MEDGO SULUT – Hanafi Rais, Ketua Fraksi Partai Amanat (PAN) DPR RI menyatakan mundur dari DPR RI periode 2019-2024.

Tak hanya itu, putra sulung Amien Rais ini, juga menyatakan mundur dari kepengurusan DPP PAN 2020-2025

Keputusan itu tertuang dalam surat bermaterai dan bertanda tangan Hanafi Rais, Selasa (5/5/2020) hari ini.

“Bersama surat ini, saya menyatakan mengundurkan diri dari kepengurusan DPP PAN 2020-2025, dari Ketua Fraksi PAN DPR, dan dari anggota DPR Fraksi PAN 2019-2024,” tulis Hanafi, Selasa (5/5/2020).

Surat itu dikonfirmasi oleh Asri Anas, politikus PAN sekaligus loyalis pasangan Mulfachri-Hanafi pada saat Kongres PAN di Kendari, Sultra bebeberapa waktu lalu.

Dalam surat tersebut, Hanafi menuturkan, setelah Kongres V lalu, dia berharap PAN bisa menegakkan keadilan untuk menjaga keutuhan dan kebersamaan sesama kader.

Menurutnya PAN telah melewati Kongres yang dinilai sarat kekerasan dan mencoreng wajah partai. PAN juga telah melewati momentum untuk memperbaiki diri dan lebih bijaksana dalam bersikap. Akan tetapi, dia menyebut, PAN kini cenderung konformitas atau mendukung kekuasaan.

“Kecenderungan melakukan konformitas terhadap kekuasaan, sekalipun didahului dengan kritik-kritik, bukan sikap yang adil di saat banyak kader dan simpatisan menaruh harapan menjadi antitesis dari pemegang kekuasaan,” ujarnya.

Oleh karena itu, Hanafi memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai pengurus dan anggota DPR dari PAN. Hanafi juga menanggalkan posisi Ketua Fraksi PAN.

Seperti diketahui Kongres V PAN sempat diwarnai dengan saling lempar kursi jelang pemilihan ketua umum. Beberapa orang terluka akibat insiden itu.

Hanafi Rais pasca kongres Kendari yang ricuh tersebut, dimasukan dalam kepengurusan DPP PAN menduduki salah satu jabatan dalam struktur kepemimpinan Zoelkifli Hasan (Zoelhas) yang terpilih, namun mendapatkan penolakan dari sejumlah pengurus.

Hanafi sendiri saat namanya dimasukan dalam struktur DPP PAN, tak keberatan. Sebab ayahnya (yang merupakan pendiri PAN era reformasi dan berada di kubu sebelah saat kongres), adalah yang menggagas Partai PAN Reformasi.

(*/MDG-09)

1 KOMENTAR

  1. Memang bobotnya apa, standar sebagai polotisi belum terlihat kecuali bahwa dia adalah anak sang pendiri partai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here