Manado “Dikunci” Mulai 29 Mei, Ini Syarat Jika Ingin Masuk

154
Gambar ilustrasi. /ist

Manado, MEDGO SULUT – Mulai 29 Mei 2020, Pemkot Manado akan memperketat akses menuju Kota Manado.

Menurut Walikota Manado GS Vicky Lumentut (GSVL), dalam rapat melalui video conference (Vicon) bersama dengan Forkopimda Kota Manado, sehubungan dengan pada Selasa (26/5/2020), ‘penguncian’ Ibukota Sulut ini mulai berlaku pada Jumat 29 Mei. Jam masuk Manado dibatasi pukul 06.00-19.00.

“Berdasarkan hasil rapat dengan Forkompida, selama dua hari ini yaitu 27-28 Mei 2020, akan dilakukan sosialisasi sambil menyiapkan pos kontrol kesehatan di pintu masuk Kota Manado,” ujar Vicky Lumentut, Selasa (26/5/2020).

“Semua pintu masuk wilayah Manado dari Minahasa, Tomohon, dan Minut, akan dilakukan pembatasan dengan cara pembuatan pos jaga,” ujar GSVL yang juga selaku Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kota Manado,” tambahnya.

Walikota Manado rapat bersama Forkompida membahas pembatasan akses masuk Manado.

Bagi warga yang ingin mengunjungi Kota Manado, ada tiga syarat penting yang harus dipenuhi, yakni:

  1. Pengukuran suhu tubuh bagi setiap orang masuk oleh petugas di pos kontrol kesehatan.
  2. Wajib setiap orang yang masuk Kota Manado menggunakan masker.
  3. Untuk kendaraan dibatasi jumlah penumpangnya 50 persen dari kapasitas jumlah tempat duduk.

“Hasil rapat via vicon bersama Forkopimda, disepakati tiga point di atas, di antaranya, pengukuran suhu tubuh, apabila ada yang suhunya diatas 38°C, maka petugas langsung akan mengarahkan dan mengantar ke Puskemas atau ke Rumah Sakit terdekat. Wajib pakai masker apabila masuk Manado, dan untuk batasan jumlah penumpang kendaraan 50 % dari kapasitas kendaraan yang tersedia,” terang GSVL.

Selain itu, tak lupa GSVL mengingatkan, agar masyarakat untuk tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, pola hidup sehat dan bersih, tetap pakai masker, hindari kerumunan orang, rajin cuci tangan pakai sabun di air yang mengalir, olahraga secukupnya.

Hadir mengikuti rapat tersebut, Wakil Walikota, Mor D. Bastiaan, Sekretaris Daerah Kota Manado, Micler CS Lakat, Asisten I Setda Kota Manado Drs Heri Saptono, Kadis Kesehatan Kota Manado dr. Ivan Marthin, Kaban BPBD Kota Manado Donald Sambuaga, Kasatpol-PP Kota Manado Johanis Waworuntu, Kakan Kesbang Kota Manado Hanny Solang, Kabag Hukum Kota Manado Yanti Putri, Kabag Pem-Humas Kota Manado Sonny M. Takumansang, serta para Camat di Kota Manado.

(MDG-09)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here