Polri Kerahkan 2/3 Kekuatan untuk Pengamanan Pilkada 2020

62
Brigjen Awi Setiyono, Karo Penmas Divisi Humas Polri. (Foto: Humas Polri).

Jakarta, MEDGO SULUT – Pilkada Serentak 2020 akan dilaksanakan pada 9 Desember mendatang. Untuk mengamakan pesta demokrasi yang diikuti 270 wilayah di Indonesia itu, Polri akan mengerahkan 2/3 dari kekuatannya untuk memastikan Pilkada 2020 berjalan lancar.

“Saat ini kami tengah menyusun pola pengamanan untuk Pilkada Serentak 2020.
Pelibatan kekuatan Polri dalam pengamanan pilkada serentak tersebut sesuai dengan ketentuan adalah sebanyak dua per tiga kekuatan jumlah personel Polri, data riil nanti akan kita update setiap saat karena saat ini masih digodok,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono, Selasa (23/6/2020) kemarin.

Awi mengatakan pola pengamanan di daerah yang menggelar pilkada akan mengacu pada indeks potensi kerawanan di tiap daerah. Indeks tersebut ditentukan pada 4 indikator.

“Terkait pola pengamanan pilkada serentak tentunya hal ini juga masih dalam proses perencanaan dengan didasari oleh indeks potensi kerawanan yang meliputi 4 indikator, pertama dimensi penyelenggara, dimensi peserta atau kontestan, ketiga potensi gangguan kamtibmas, yang keempat potensi ambang gangguan,” ujarnya.

“Pola pengamanan juga dipengaruhi hasil mapping kerawanan dan tahapan pilkada serentak 2020 yang dilakukan oleh kewilayahan, antara lain terkait potensi konflik di daerah tersebut sehubungan dengan pelaksanaan pilkada sebelumnya,” imbuhnya.

[MDG-09]

sumber: humas.polri.go.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here