Reses di Mitra, Herson Mayulu Ajak Umat Jadikan Masjid Sebagai Unsur Pembangun Toleransi

43
Herson Mayulu saat membuka MTQ Kabupaten Minahasa Tenggara.

Herson Mayulu saat membuka MTQ Kabupaten Minahasa Tenggara.

Mitra, MEDGO SULUT – Anggota DPR RI DPR RI Komisi V dari F. PDI Perjuangan Hi Herson Mayulu SIP (H2M) melanjutkan rangkaian kegiatan reses masa persidangan II dengan melaksanakan dua kegiatan penting di Minahasa Tenggara, Jumat (13/3/2020).

Yang pertama, melakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan MTS Cokroaminoto di desa Ratatotok, Kecamatan Ratatotok, dan yang kedua, dalam kapasitas sebagai Ketua Dewan Masjid Indonesia Propinsi Sulawesi Utara melantik Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Minahasa Tenggara sekaligus bersama Wakil Bupati Minahasa Tenggara, Yesaya Oscar Legi, dalam kapasitas sebagai Ketua LPTQ Sulawesi Utara, membuka kegiatan MTQ ke-28 Kabupaten Minahasa Tenggara yang acaranya dirangkaikan dengan pelantikan Dewan Masjid.

Pada kesempatan sambutan di kedua acara tersebut H.Herson Mayulu menyampaikan
Dewan Masjid dan LPTQ merupakan mitra kerja Pemerintah Daerah. Oleh sebab itu Dewan Masjid dan LPTQ harus saling membantu dengan pemerintah kabupaten dalam menjalankan pembinaan kepada umat muslim termasuk diantaranya memakmurkan masjid.

“Saat ini masjid juga harus berfungsi sebagai instrumen pertahanan keamanan negara. Dewan Masjid harus mampu membina masjid dalam menangkal radikalisme, serta bisa menjadi unsur pembangun toleransi,”

Lanjut Herson, masjid harus ramah anak, ramah lansia. Artinya didalam masjid harus diisi dan disemarakkan dengan kegiatan-kegiatan keumatan yang bermanfaat yang dilakukan oleh anak-anak sampai orang dewasa.

Akan halnya pelaksanaan MTQ di Mitra, Herson Mayulu mengatakan, semoga bisa berlangsung dengan baik sebab sistem penilaiannya sudah menggunakan Standar Nasional dan Dewan Hakim-nya terdiri dari orang orang yang berintegritas.

“Yang juara jangan jumawa dan yang kalah jangan kecewa. Jadikan MTQ ini sebagai sarana membangun persaudaraan,” tuturnya.

Sebagai bentuk partisipasi dan ikhtiar berhikmat kepada umat, dalam rangkaian kegiatan-kegiatan tersebut di atas, H2M menyempatkan diri memberikan sumbangan pada Pembangunan MTS Cokroaminoto Desa Ratatotok, Pengurus Masjid Baitul Salam Desa Ratatotok, dan Panitia Pelaksana Pelantikan DMI serta MTQ Kabupaten Minahasa Tenggara.

Pelaksanaan Pelantikan DMI dan pelaksanaan MTQ di Kabupaten Mitra ini, turut dihadiri oleh Wakil Bupati Mitra Yesaya Oscar Legi, Ketua DMI Mitra Atlie Kontur, Kepala Kemenag Mitra Sutarji Adipati, Ketua MUI Mitra Abdul Kahar Sampage, jajaran Pemkab Mitra, serta tokoh-tokoh umat muslim Minahasa Tenggara.

(MDG-09)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here