Sulut 43 Kasus Positif Covid-19, Ini Rincian Pasien Baru Hari Ini

79
Foto ilustrasi.

Manado, MEDGO SULUT – Data terkini kasus virus corona di Indonesia, untuk daerah Sulawesi Utara (Sulut) terjadi penambahan 3 kasus pasien yang terkonfirmasi virus corona.

Pada Selasa 28 April 2020, Sulut kini sudah 43 pasien terkonfirmasi positif Covid-19, sembuh 11 orang, dan meninggal 3 orang.

Jubir Satgas Covid-19 Sulut dr Steaven Dandel menerangkan, 3 pasien baru berasal dari Kota Manado dan Kota Tomohon, di mana dua di antaranya adalah karyawan faskes di Sulut.

Pasien 41. laki-laki (68 tahun) asal Manado.
tidak mempunyai riwayat perjalanan ke daerah transmisi lokal.

Pasien 42. perempuan (48 tahun) asal Manado. Karyawan Faskes di Manado. Info diperoleh media ini, Pasien 42 satu tempat kerja dengan Pasien 34, 35, dan 36.

Pasien 43. perempuan (usia 73 tahun) asal Tomohon. Pasien adalah KERT dengan Pasien 36.

Menurutnya, tim surveilans Dinkes Provinsi dan Kota Manado lagi berupaya melakukan penyelidikan epidemiologik untuk menerangkan fenomena yang terjadi dari kasus pasien 41.

Sedang Kasus 42 dan 43 terkait erat dengan tenaga medis yang sudah positif.

“Cluster ini jadi sangat spesifik, sehingga pendalaman lebih detail dilakukan tim surveilans Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sulut bekerja sama dengan Faskes yang dimaksud untuk mencari tahu fenomena. Karena sering terjadi cross hipotesis, apakah ini (perjangkitan) asalnya dari luar atau dalam daerah,” terang Dandel.

Dandel selanjutnya merinci pasien positif Covid-19 yang sedang dirawat tinggal 28 pasien. Paling banyak di RS Wolter Mongisidi Teling 9 pasien, RS Siloam 7, RSUD Pobundayan Kotamobagu 6, RSUD Anugerah Tomohon 2, dan masing-masing satu pasien di RSUP Kandou, RSUD Liunkendage Tahuna, dan RS Bhayangkara Manado.

(MDG-09)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here